Programming Languages

Programming Languages – Memilih bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari bisa jadi sulit. Dan jika Anda mempertimbangkan bahwa jajak pendapat pengembang Stack Overflow saja mencakup lebih dari 40 bahasa pemrograman yang berbeda, ada banyak pilihan! Jadi jika Anda bertanya-tanya bahasa pemrograman apa yang terbaik untuk dipelajari, kami siap membantu!

Mungkin Anda tertarik dengan data dan berpikir untuk mempelajari Python. Atau Anda tertarik mempelajari JavaScript untuk pengembangan front-end? Apa pun tujuan Anda, bergabunglah dengan kami saat kami mendalami 14 bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada tahun 2023, termasuk pro dan kontra, kasus penggunaan, tingkat kesulitan, dan banyak lagi.

Read More

Programming Languages

Programming Languages

Dan untuk membantu Anda memilih bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada tahun 2023, kita akan mulai dengan gambaran umum tentang jenis-jenis bahasa pemrograman dan paradigma pemrograman yang paling umum. Ayo mulai!

Are Programming Languages Actually Languages?

Bahasa pemrograman tingkat rendah memungkinkan pemrogram bekerja secara langsung dengan perangkat keras komputer, seperti antarmuka memori, CPU, dan I/O (input/output).

Hal ini membuatnya lebih cocok untuk membuat program tingkat sistem seperti sistem operasi dan driver perangkat. Kelemahan dari jenis bahasa ini adalah bahwa bahasa tersebut menawarkan lebih sedikit abstraksi, yang berarti bahasa tersebut bisa lebih menuntut.

Secara umum, bahasa tingkat rendah cenderung berupa bahasa rakitan atau kode mesin (urutan biner 0 dan 1), meskipun tidak jarang kita melihat bahasa seperti C atau C++ disebut

Ketika Anda mendengar programmer berbicara tentang bahasa pemrograman, biasanya itulah yang mereka maksud. Bahasa-bahasa ini cenderung memiliki sintaksis yang ramah manusia, membuatnya lebih mudah dibaca, ditulis, dan dipelihara dibandingkan bahasa tingkat rendah.

The Evolution Of Programming Languages: From 1843 To Today

Mereka memberikan abstraksi tingkat tinggi dan cenderung menawarkan kontrol perangkat keras yang kurang langsung. Namun, salah satu keuntungannya adalah mereka sering menyertakan fitur seperti manajemen memori otomatis, pengetikan dinamis, dan pengecekan tipe.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi seperti aplikasi web, aplikasi seluler, kecerdasan buatan, aplikasi desktop, dan lainnya. Contoh umum bahasa tingkat tinggi adalah Python, JavaScript, Java, dan Ruby.

Paradigma pemrograman adalah cara berbeda dalam menulis dan mengatur kode. Mereka memberikan pedoman untuk memecahkan masalah dan mempengaruhi cara berpikir seorang programmer tentang pengembangan perangkat lunak. Mari kita lihat lima contoh pemrograman umum.

Programming Languages

Contoh ini melibatkan penentuan urutan perintah yang akan diikuti mesin Anda untuk memecahkan suatu masalah. Secara keseluruhan, ini adalah pola pemrograman yang paling umum dan digunakan oleh bahasa-bahasa seperti C, Java, dan Python.

Top In Demand Programming Languages To Learn In 2021

OOP menggunakan kelas dan objek untuk memecahkan masalah. Kelas menyediakan cetak biru untuk merekam data dan perilaku suatu objek. Akibatnya, objek adalah turunan dari kelas. OOP sangat ideal untuk memodelkan objek dan konsep nyata. Contoh umum bahasa yang mendukung OOP adalah Java, C++, dan Python.

Pendekatan ini memecah masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih mudah dikelola, dan mudah dipahami dan dimodifikasi. Kode sering kali dibagi menjadi blok-blok yang disebut prosedur atau subrutin, yang terdiri dari tugas-tugas yang lebih kecil dan terdefinisi dengan baik. Bahasa yang mendukung pendekatan prosedural antara lain C, Pascal, dan FORTRAN.

Fungsi untuk membuat program, artinya fungsi dapat diteruskan sebagai argumen, dikembalikan sebagai hasil, atau ditetapkan ke variabel. Contoh umum bahasa fungsional termasuk Haskell, Lisp, dan F#. Namun paradigma ini juga bisa diadopsi oleh bahasa seperti Python dan JavaScript.

Contoh ini menerapkan aturan logis untuk menarik kesimpulan. Artinya, suatu program ditentukan oleh serangkaian fakta dan aturan yang digunakan mesin untuk memecahkan masalah. Beberapa contoh bahasa pemrograman logika antara lain Prolog dan Mercury.

Top 10 In Demand Programming Languages To Learn In 2020

Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum open source. Terkait aplikasi Python, Anda memiliki banyak pilihan karena aplikasi ini banyak digunakan untuk pengembangan web, komputasi ilmiah, kecerdasan buatan, analisis data, dan banyak lagi. Jika Anda bertanya kepada seseorang tentang bahasa pengkodean terbaik untuk dipelajari pada tahun 2023, kemungkinan besar mereka akan memberi tahu Anda Python!

Ini populer karena sintaksisnya yang ramah pengguna dan semantik yang mudah dipelajari. Dan karena memiliki banyak koleksi perpustakaan dan modul. Bagi banyak pemula, Python adalah bahasa coding terbaik untuk dipelajari.

Ada banyak komunitas Python online yang besar, aktif, dan suportif. Dan mudah untuk menemukan tutorial atau pelajaran Python berkualitas tinggi untuk membantu Anda ketika Anda terjebak pada proyek Python.

Programming Languages

Mempelajari bahasa seperti Python dapat memberikan banyak pilihan karir seperti ilmu data, rekayasa perangkat lunak, dan kecerdasan buatan. Kami juga mencantumkan pekerjaan Python jarak jauh di papan pekerjaan kami.

Best Programming Languages To Learn For Seo

JavaScript adalah bahasa skrip yang diketik dan ditafsirkan secara dinamis yang banyak digunakan untuk membuat halaman web interaktif dan dinamis. Ini sering digunakan dengan HTML dan CSS untuk membuat aplikasi front-end.

Jika Anda dapat mengeklik, menyeret, atau memindahkan apa pun di laman web, kemungkinan besar JavaScript diaktifkan. Faktanya, JavaScript mendukung sisi klien di lebih dari 98% halaman web. Jika Anda tertarik dengan pengembangan web, pengetahuan tentang JavaScript sangat penting.

JavaScript adalah bahasa yang sangat serbaguna yang digunakan lebih dari sekadar aplikasi front-end, dengan kegunaan lain termasuk pemrograman server dengan Node.js, pengembangan aplikasi seluler, pengembangan game, dan otomatisasi tugas yang berulang.

JavaScript adalah salah satu bahasa coding terbaik, yang berarti mudah untuk menemukan sumber daya yang bagus untuk mempelajari JavaScript, termasuk kursus JavaScript. Komunitas JavaScript juga terbuka dan ramah bagi pemula.

Most Popular Programming Languages For Game Development

Structured Query Language (SQL) adalah satu-satunya paparan di kota ini untuk mengelola dan memanipulasi database relasional. Artinya SQL sangat ideal untuk membuat, mengambil, memperbarui, dan menghapus (CRUD) data dalam database, belum lagi mengelola struktur database itu sendiri.

SQL adalah alat manajemen dan analisis data yang kuat, yang berarti digunakan secara luas di banyak industri. Hasilnya, ini adalah standar de facto untuk sistem manajemen basis data seperti MySQL, Oracle, Microsoft SQL Server dan lain-lain.

SQL bersifat deklaratif, artinya Anda menentukan apa yang ingin Anda lakukan dengan data, bukan bagaimana Anda ingin melakukannya. Baik Anda tertarik berkarir sebagai administrator basis data, analis bisnis, atau pengembang web, ada kemungkinan Anda perlu menggunakan SQL suatu saat nanti, jadi pertimbangkan untuk mengikuti salah satu kursus SQL terbaik untuk mempelajari keterampilan berharga ini. .

Programming Languages

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) yang dikembangkan pada tahun 90an oleh Sun Microsystems (sekarang dimiliki oleh Oracle). Java sering disebut sebagai bahasa tulis sekali, jalankan di mana saja karena dapat berjalan di perangkat apa pun dengan JavaVirtual Machine (JVM) terinstal, apa pun sistem operasi yang mendasarinya.

The Different Programming Languages

Aspek kunci dari Java adalah desain berorientasi objek, yang memudahkan pengembang untuk menulis kode modular dan dapat digunakan kembali. Ini juga sangat stabil dan aman.

Java adalah pilihan populer untuk membangun aplikasi bisnis bagi banyak organisasi besar. Perguruan tinggi juga suka menggunakan Java untuk mengajarkan ilmu komputer, karena Java memberikan pengenalan yang bagus tentang OOP. Jika Anda tertarik dengan pengembangan Java, pertimbangkan untuk mencari kursus Java, buku, atau kursus Java.

PHP adalah bahasa skrip sisi server sumber terbuka untuk pengembangan web. PHP saat ini digunakan di sisi server lebih dari 75% situs web, dan sistem manajemen konten populer seperti WordPress ditulis dalam PHP.

Pengembang PHP dapat berinteraksi dengan database untuk menyimpan dan mengambil data, membuat sesi dan cookie untuk melacak interaksi pengguna, mengedit formulir, mengirim email, dan banyak lagi.

Create Your Own Programming Language Using Python

PHP memiliki komunitas besar penggemar open source yang telah berkontribusi pada bahasa ini dengan menciptakan ekstensi, alat, dan kerangka kerja untuk menjadikan PHP lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Jika Anda baru mengenal PHP, salah satu cara terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan membuat proyek PHP.

C# adalah bahasa pengkodean modern berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari kerangka .NET-nya. Ini adalah bahasa yang diketik secara statis dan terutama digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop Windows, permainan, dan perangkat lunak bisnis.

C# juga dapat digunakan untuk pengembangan web dan aplikasi server, dan juga kompatibel dengan Linux. C# adalah bahasa multi-paradigma yang mendukung paradigma pemrograman berorientasi komponen, berorientasi objek, dan fungsional.

Programming Languages

Bonus lainnya termasuk manajemen memori otomatis dan perpustakaan standar yang luas. Dibandingkan dengan C dan C++, sintaksisnya jauh lebih sederhana, sehingga relatif mudah dipelajari jika Anda mempertimbangkan salah satu kursus C# terbaik.

Top 10 Programming Languages Portfolio

C++ adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang diketik secara statis. Itu dibuat pada awal 1980-an sebagai versi perbaikan dari bahasa pemrograman C dengan dukungan OOP dan masih menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan.

Ini sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak besar, sistem operasi, dan driver perangkat. Ini juga populer untuk komputasi ilmiah, aplikasi keuangan, pengembangan game, dan pembuatan browser web. Dengan sejarah yang begitu kaya, mudah untuk menemukan tutorial C++ dan sumber belajar lainnya.

Dengan kompatibilitas lintas platform, C++ dapat digunakan di berbagai sistem operasi, termasuk macOS, Windows, dan Linux. C++ juga memberi pengembang perangkat lunak kendali tingkat rendah atas sumber daya sistem, menjadikannya lebih kuat dan fleksibel. Namun kelemahannya adalah C++ lebih sulit dipelajari karena sintaksisnya yang lebih kompleks.

TypeScript dibuat oleh Microsoft untuk menambahkan pengetikan statis ke JavaScript. Jika Anda familiar dengan JavaScript, TypeScript mudah dipelajari karena memiliki sintaks dasar yang sama dengan JavaScript.

Programming Languages Used By Google

Tidak seperti JavaScript, TypeScript memerlukan deklarasi tipe, yang membuatnya lebih kuat dan tidak terlalu rentan terhadap kesalahan. Ini juga berarti lebih cocok untuk membangun aplikasi yang kompleks dan besar.

Golang (atau Go) dikembangkan oleh para insinyur Google pada tahun 2007 sebagai bahasa kompilasi yang merupakan bahasa yang cepat dan efisien untuk aplikasi skala besar. Ini juga mencakup pengetikan statis dan memiliki i

Languages tools, learning languages, duolingo learn languages free, learn languages english, coding languages, translate languages, languages online, mondly languages, programming, learn languages online, translate languages online, languages

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *